Ratusan Pelajar Batang Alami Gangguan Mata dan Telinga diperiksa RSUD Kalisari

Batang, Berita, Kesehatan79 Dilihat

Ratusan pelajar di Kabupaten Batang menjalani pemeriksaan mata dan telinga massal oleh dokter RSUD Kalisari di pendopo kabupaten setempat, Senin (29/4).

PEMBURUNEWS.COM, BATANG – Ratusan pelajar di Kabupaten Batang mendapatkan pemeriksaan penglihatan dan pendengaran dari RSUD Kalisari. Pemeriksaan yang berlangsung di Pendopo setempat itu dalam rangka HUT Kabupaten Batang yang ke-58.

“Ada sekitar 350 pelajar SD dan SMP serta lansia mengikuti pemeriksaan mata dan telinga dalam rangka HUT Kabupaten Batang ke-58,” ujar Samuri Kepala Bidang Perawatan RSUD Kalisari Batang, Senin (29/4/2024).

Ia menyebut kegiatan pemeriksaan indera penglihatan dan pendengaran itu menjadi bagian dari pemetaan dasar untuk berikutnya mendapatkan pemeriksaan lanjutan yang disesuaikan kebutuhan masing-masing.

Kemudian dari hasil rujukan pemeriksaan lanjutan itu nantinya bisa berupa tindakan medis di rumah sakit maupun penambahan alat semisal kacamata atau alat bantu pendengaran yang diberikan kepada peserta.

“Jadi kalau hari ini itu lebih ke pemeriksaaan dan pengobatan sederhana dengan sasaran pelajar dan lansia,” jelasnya.

Sementara itu Joko Suyono, guru olahraga SDN Proyonanggan 02 mengaku kegiatan pemeriksaan indera penglihatan dan pendengaran secara gratis sangat membantu anak didiknya dan pihak sekolah.

“Kami jadi tahu ternyata banyak anak yang menderita gangguan penglihatan dan pendengaran sehingga melalui kegiatan pemeriksaan ini harapannya ada tidak lanjut baik itu pengobatan maupun pemberian alat bantu dari pemerintah,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya membawa 25 anak untuk diperiksa. Sebelumnya pemeriksaan awal sudah dilakukan oleh puskesmas terdekat, lalu dilanjutkan pemeriksaan massal oleh RSUD Kalisari.

“Kami guru maupun wali murid merasa terbantu karena anak-anak yang mengalami gangguan seperti mata minus atau pendengaran bisa diobati gratis,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *